Tuesday, September 4, 2012

Asuransi Sebagai Dana Investasi Untuk Masa Depan Karyawan


Tadi sewaktu di kantor GroupM kita MMT Batch 2 GroupM dapet job nyari tau tentang asuransi - asuransi gitu deh. Nah, salah satu yang bikin kita penasaran dan pengen cari tahu yaitu asuransi sebagai dana investasi. Mungkin sebagian ada yang masih belum tau (termasuk kita juga sih) karena kata - katanya agak berat. Hehe ;-). Nah, makanya setelah kita tadi ngubek - ubek mbah Google, disini kita bakal kasih penjelasan sedikit tentang apa sih maksudnya asuransi sebagai dana investasi itu?

Hmm, pertama kita mulai aja kali ya dari pengertian apa itu investasi? Jadi investasi tuh kalo kita nyimpen uang buat ngedapetin return yang diharapin lebih besar dibanding bunga deposito buat memenuhin tujuan yang pengen dicapai dalam jangka waktu yang ditetapkan dan sesuai dengan kemampuan modal.

Investasi ada berapa macem, ada investasi properti (seperti emas, rumah, tanah), investasi ekuitas yang berhubungan dengan pembelian dan penyimpanan stok di pasar modal oleh individu dan dana buat ngantisipasi pendapatan dari deviden dan keuntungan modal sebagaimana nilai saham meningkat.

Nah supaya kamu nggak rugi dalam berinvestasi, nggak ada salahnya nih kamu ikut program asuransi yang bisa ngelindungin investasi kamu. Kenapa? Dengan ngikutin asuransi, kamu bakal dikasih jaminan pengembalian investasi pada akhir masa kontrak. Selain itu, asuransi yang bakal ngelindungin kamu bisa ngasih kamu fleksibilitas dalam milih masa pertanggungan, ada yang 5, 7 , atau 10 tahun. Juga difasilitasi top up dan withdrawal, serta penentuan pilihan investasi (biasanya abis 1 tahun polis). Keuntungan lainnya ialah besaran preminya merupakan premi tunggal yang terjangkau, bisa dibebaskan dari biaya administrasi, dan biaya penarikan sebagian dananya, sesuai tahun polis.

Cara kerja asuransi plus investasi adalah dengan menempatkan premi tunggal sebagai biaya pemeliharaan dan alokasi investasi. Biaya pemeliharaan ini nantinya dipake buat operasional dan administrasi nah, nantinya alokasi investasi bakal dipake buat beli sejumlah unit di program asuransi yang diikuti. Harga yang dipakai buat pembelian dan penjualan unit adalah harga unit. Penentuan harga unit dilakukan oleh perusahaan setiap hari bursa.

Hmm, jadi gitu deh, penjelasan kita tentang asuransi untuk dana investasi.. semoga menjelaskan yaaa…
;-)

No comments:

Post a Comment