Monday, April 30, 2012

Management Trainee (?)

Yup.

Kata Management Trainee mungkin sudah terdengar sangat familiar di telinga Anda, terutama para 'fresh graduatee'. Tapi bisakah Anda mencoba menjelaskannya lagi kepada orang lain? Dan apakah pemahaman Anda memang sudah benar adanya?

Disini saya mencoba meluruskan pemahaman kita mengenai apa itu Management Trainee. Yuk mariii!!:D

MMT Batch 2 GroupM
MMT Batch 2 GroupM -
Management Trainee

Berdasarkan http://www.investorwords.com, Management Trainee (MT) didefinisikan secara singkat sebagai 'staff muda yang dilatih (trained) untuk menjadi seorang penyelia (manager)'. Dari kalimat ini dapat diartikan bahwa muda menunjuk pada istilah 'pegawai baru' atau 'pegawai muda yang baru menamatkan jenjang pendidikan akhir'.

Sebuah situs resmi milik pemerintah California (http://www.calmis.ca.gov) menerbitkan pedoman khusus mengenai istilah Management Trainee. Pedoman ini menyatakan bahwa MT ditujukan untuk mempersiapkan pegawai di posisi manajerial. Posisi ini seringkali ditemukan untuk mengisi bagian keuangan, perdagangan, manufaktur, dan lembaga pemerintahan. Namun apapun tujuannya, tugas khusus dari seorang MT adalah untuk mempelajari seluk beluk dan sistem di dalam perusahaan atau firma tersebut. Di beberapa perusahaan, seorang MT akan dirotasi di berbagai fungsi di dalam perusahaan untuk membangun rasa keingintahuan dan kekeluargaan, sekaligus menilai bakat dari setiap peserta MT di posisi manakah seharusnya mereka berada.


Seorang MT harus siap bekerja dalam berbagai situasi, baik secara tim maupun individu. MT berada dibawah pengawasan ketat, yang juga akan dinilai secara berkala. Mereka akan terlebih dahulu diperkenalkan terhadap situasi kerja dibawah tekanan, sehingga akan benar-benar siap ketika lulus dari program MT dan ditempatkan secara permanen.

MMT Batch 2 GroupM
MMT Batch 2 GroupM - Management Trainee
Sistem rekrutment ini sudah banyak diterapkan di berbagai perusahaan. Dengan sistem seleksi yang sangat ketat, program MT dikhususkan mencari bibit-bibit unggul yang akan 'digojlok' untuk menghadapi situasi bisnis yang kian menantang. GroupM sebagai salah satu perusahaan multinasional juga menerapkan sistem perekrutan Management Trainee, yang disebut juga Media Masters. Saat ini GroupM sudah menjalankan batch yang ke-2 (MMT Batch 2 GroupM), dimana peserta akan mendapatkan pendidikan (training) yang melibatkan para pakar media dari berbagai bidang selama 3 bulan. Selain training, para peserta juga harus menghadapi berbagai tugas yang telah dipersiapkan, untuk melatih kesigapan dan melihat kedalaman pengetahuan mereka terhadap bisnis dari GroupM.

Jadi, apakah Anda sudah merasa tertantang?

Silahkan tunggu pembukaan Management Trainee GroupM yang ke-3 ya!:D

Cheerios,


Agent O
MMT Batch 2 GroupM

5 comments:

  1. Hai Agent O,

    Boleh tahu lebih jelas tidak mengenai pembukaan MT GroupM yang ke-3 itu kapan? Dan apa saja ya yang menjadi persyaratannya? Apakah boleh bagi yang sudah lebih dari 1 tahun bekerja ikut mendaftarkan diri? Karena saya sendiri sudah 1 tahun bekerja di perusahaan agency iklan dan jujur saja setelah saya membaca postingan Agent O, saya menjadi tertarik dengan MT GroupM ini. Terima kasih.


    Salam hormat,
    Desi Ratih

    ReplyDelete
  2. Hai Ratih !
    Thank you sudah mampir ke sini :) dapat dari mana link nya, sampai bisa mampir ke sini ? :) :) :)
    Setau aku, untuk join di MT GroupM, tinggal kirim CV aja, kalau lolos tahap screening CV, nanti pasti ditelepon/diemail dari pihak GroupM. Mengenai pengalaman kerja, itu tidak jadi masalah sih sepemahaman aku. Karena di kelas training ini pun, banyak yang memiliki latar belakang sudah pernah bekerja sebelumnya. Malah latar belakangnya beragam :)

    Mengenai pembukaannya kapan, nanti pasti akan diposting lagi di sini kalau emang sudah dikasi kabar resmi dari pihak groupM. Sampai sekarang belum ada info tanggalnya.

    Mohon dispread ya link mediamastersmaestro ini, supaya banyak yang mampir ke blog ini :)

    Thank you,

    Agent C

    ReplyDelete
  3. Wah, sepertinya asik sekali ya menjadi manajer muda :)

    ReplyDelete
  4. Asiik doong. Tapi itu juga masih harus ditambah kerja keras dan doa :D

    ReplyDelete
  5. Mau dong! Info please untuk batch selanjutnya! :D

    ReplyDelete