Thursday, May 31, 2012

Gelombang Imajinasi


Halo, kembali lagi bersama agent FA di sini. Apa kabar? Setelah sekian lama akhirnya saya semangat untuk berbagi kembali mengenai apa yang kita, para peserta management trainee MMT Batch 2 GroupM, pelajari selama prosesi training kami untuk bekerja di GroupM, salah satu perusahaan media terbesar di industri periklanan.

Ini adalah sebuah cerita bagaimana mereka yang bekerja di bidang media periklanan, meraih target khalayak mereka yang berada di beberapa area tertentu di Indonesia. Perlu diketahui sebelumnya, bahwa media yang masih menjadi andalan para pengiklan di Indonesia hingga saat ini masih diduduki oleh televisi, dengan penetrasinya yang memang masih tinggi, serta dengan sifatnya yang free to air serta jangkauannya yang nationwide.

Namun, ternyata media elektronik yang satu ini masih memiliki keterbatasan dalam menjalankan tugasnya. Keterbatasan itu ditunjukkan dengan kondisi bahwa masih ada area-area di Indonesia yang tidak terjangkau oleh frekuensi televisi, area yang terpencil, yang kemudian area ini dikenal sebagai blank spots.
 
Lalu, apa jawaban untuk permasalahan blank spots ini?

Satu kata: Radio.

We love music, people love music, karena hal ini mendengarkan radio menjadi salah satu aktivitas yang dinikmati kebanyak orang. Terutama, untuk di beberapa daerah yang tidak ada televisi, radio mungkin menjadi penghibur bagi para penduduk di sekitarnya.

We need entertainment, hiburan. Dan selain musik, hiburan yang ditawarkan radio sebagai media yang bersifat hanya audio, adalah theatre of mind.

Yap, itulah salah satu keunikan bahkan daya tarik dari radio yang bisa dikatakan tak pernah mati hingga sekarang. Bagaimana kita berusaha menghasilkan tayangan di benak kita sendiri ketika mendengarkan adegan-adegan yang hanya berbentuk audio. Kita ditantang untuk berimajinasi!

Media elektronik yang satu ini menduduki posisi kedua setelah televisi, sebagai media andalan para pengiklan di Indonesia.

Selain itu, radi memiliki sifat lokal, sehingga dapat lebih mudah menjangkau masyarakat di sekitarnya, terutama di area-area blank spots tadi. Selain itu, kelokalan dari Radio menjadikannya tidak hanya sebuah pemancar untuk iklan radio, tetapi juga menjadi organizer yang bisa diajak bekerja sama apabila pengiklan hendak mengadakan sebuah activation dalam kampanye-nya. 

Contoh activation suatu brand yang bekerja sama dengan radio.

MMT Batch 2 GroupM
MMT Batch 2 GroupM - Gelombang Imajinasi

Saat ini kita memang sudah mulai akan memasuki sebuah era baru di mana di mana semuanya akan go digital, sampai-sampai GroupM pun membetuk GroupM Interaction Indonesia untuk menangai kebutuhan digital dari kampanye brand yang dikerjakan. 

Namun ternyata radio pun masih menjadi daya tarik dan kebutuhan di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Dan lagi, kembali lagi kepada teori 'digital is a platform, not a media' sebenarnya keberadaan radio bukannya akan digantikan oleh digital suatu hari, tapi akan bertransformasi namun masih dalam jati dirinya sebagai pemberi gelombang imajinasi bagi kita semua.


Sincerely,
Agent FA
MMT Batch 2 GroupM

No comments:

Post a Comment