Kali ini, agent FA ingin berbagi sedikit pemikiran yang mungkin boleh
saja para pembaca anggap subjektif, pribadi, dan semacamnya, tapi menganut
tagline dari salah satu talk terbesar
di dunia, yaitu TED, bahwa ‘ideas worth spreading’ maka boleh lah
yaa speak-speak mumpung wadahnya ada ^^
Fyi, agent FA sebelum ini mengambil ilmu
komunikasi dan program studi periklanan / advertising
sebagai bidang studinya, sehingga bekerja di industri ini memang pada
dasarnya karena agent FA sendiri menganggap bahwa industri ini memiliki
‘sesuatu’ yang menggugah hati agent FA.
Sesuatu yang bisa menjadi kebanggaan atas bidang kerja yang satu ini,
walaupun bukan sesuatu yang konstan, namun akan menjadi motivasi yang kuat dalam
menjalankan pekerjaan ini.
Pada dasarnya, ilmu periklanan dekat dengan satu ilmu komunikasi yang
kita pelajari, bahkan mungkin saat masa sekolah dahulu, yaitu ilmu persuasi.
Semuanya pasti sudah tahu maksudnya ‘persuasi’, sederhananya ‘ajakan’,
‘bujukan’, ‘sesuatu yang memikat’ dan berbagai istilah lainnya yang bisa
mendefinisikan arti dari persuasi.
Tapi ada satu istilah yang agent FA suka untuk mendefinisikan kata
persuasi, yaitu: Pergerakan.
Yeah, movement.
Pergerakan.
Kenapa? Karena agent FA merasa bahwa meskipun memang pada dasarnya
periklanan adalah hal yang dekat dengan dunia komersil yang mengutamakan kepentingan
produsen/klien/advertiser, tapi tidak
dapat dipungkiri kalau memang sebuah iklan dapat dibuat sebegitu memikatnya
sehingga menimbulkan keinginan konsumen untuk membeli atau menggunakan produk
tersebut.
Secara kasar, kalau iklan dapat
menggerakkan banyak orang untuk membeli suatu produk, maka iklan dapat juga
menggerakkan banyak orang untuk melakukan hal lainnya, dalam hal ini, agent
FA berpikir hal-hal seperti aktivitas sosial yang berpengaruh bagi hajat orang
banyak.
See? Kata ‘iklan’ memang memiliki konotasi yang mungkin
kurang positif, namun kalau diganti dengan ‘persuasi’ maka ia merupakan hal
yang dapat menciptakan suatu dampak positif yang besar, sebesar sebuah
pergerakan, we can say.
Dan tentu saja, pergerakan yang tercipta bukan semata-mata di permukaan
hanya akibat dari persuasi yang dilakukan, tetapi bisa diciptakan tertanam di
benak mereka, tergantung semenarik apa iklan yang kita buat, sehingga melekat
di benak orang-orang bahkan hingga sampai terbayang-bayang dan mengubah
perilaku kita.
Pergerakan sosial, atau social
movement dengan menggunakan ilmu periklanan ini tentu saja dapat kita lihat
dari beberapa kampanye iklan yang diadakan oleh para NGO/LSM serta
pemerintahan.
Sesederhana mengajak orang untuk membuang sampah pada tempatnya, pada awalnya mungkin dari tidak biasa melakukan, kemudian melakukannya karena di-persuasi, hingga terbiasa untuk melakukannya, melekat kepada perilakunya.
MMT Batch 2 GroupM - The Power of Persuasion |
MMT Batch 2 GroupM |
Sesederhana mengajak orang untuk membuang sampah pada tempatnya, pada awalnya mungkin dari tidak biasa melakukan, kemudian melakukannya karena di-persuasi, hingga terbiasa untuk melakukannya, melekat kepada perilakunya.
It’s the power of persuasion!
Agent FA
MMT Batch 2 GroupM
Agent FA
MMT Batch 2 GroupM
No comments:
Post a Comment