Thursday, May 31, 2012

The Power of Persuasion

Hola, agent FA hadir kembali di sini untuk berbagi :) semoga semua pembaca dalam kondisi yang bugar dan senang selalu ^^ salam ceria dari MMT Batch 2 GroupM selalu!


Kali ini, agent FA ingin berbagi sedikit pemikiran yang mungkin boleh saja para pembaca anggap subjektif, pribadi, dan semacamnya, tapi menganut tagline dari salah satu talk terbesar di dunia, yaitu TED, bahwa ‘ideas worth spreading’ maka boleh lah yaa speak-speak mumpung wadahnya ada ^^

Fyi, agent FA sebelum ini mengambil ilmu komunikasi dan program studi periklanan / advertising sebagai bidang studinya, sehingga bekerja di industri ini memang pada dasarnya karena agent FA sendiri menganggap bahwa industri ini memiliki ‘sesuatu’ yang menggugah hati agent FA.

Sesuatu yang bisa menjadi kebanggaan atas bidang kerja yang satu ini, walaupun bukan sesuatu yang konstan, namun akan menjadi motivasi yang kuat dalam menjalankan pekerjaan ini.

Pada dasarnya, ilmu periklanan dekat dengan satu ilmu komunikasi yang kita pelajari, bahkan mungkin saat masa sekolah dahulu, yaitu ilmu persuasi.

Semuanya pasti sudah tahu maksudnya ‘persuasi’, sederhananya ‘ajakan’, ‘bujukan’, ‘sesuatu yang memikat’ dan berbagai istilah lainnya yang bisa mendefinisikan arti dari persuasi.

Tapi ada satu istilah yang agent FA suka untuk mendefinisikan kata persuasi, yaitu: Pergerakan.

Yeah, movement.

Pergerakan.

Kenapa? Karena agent FA merasa bahwa meskipun memang pada dasarnya periklanan adalah hal yang dekat dengan dunia komersil yang mengutamakan kepentingan produsen/klien/advertiser, tapi tidak dapat dipungkiri kalau memang sebuah iklan dapat dibuat sebegitu memikatnya sehingga menimbulkan keinginan konsumen untuk membeli atau menggunakan produk tersebut.

Secara kasar, kalau iklan dapat menggerakkan banyak orang untuk membeli suatu produk, maka iklan dapat juga menggerakkan banyak orang untuk melakukan hal lainnya, dalam hal ini, agent FA berpikir hal-hal seperti aktivitas sosial yang berpengaruh bagi hajat orang banyak.

See? Kata ‘iklan’ memang memiliki konotasi yang mungkin kurang positif, namun kalau diganti dengan ‘persuasi’ maka ia merupakan hal yang dapat menciptakan suatu dampak positif yang besar, sebesar sebuah pergerakan, we can say.

Dan tentu saja, pergerakan yang tercipta bukan semata-mata di permukaan hanya akibat dari persuasi yang dilakukan, tetapi bisa diciptakan tertanam di benak mereka, tergantung semenarik apa iklan yang kita buat, sehingga melekat di benak orang-orang bahkan hingga sampai terbayang-bayang dan mengubah perilaku kita.

Pergerakan sosial, atau social movement dengan menggunakan ilmu periklanan ini tentu saja dapat kita lihat dari beberapa kampanye iklan yang diadakan oleh para NGO/LSM serta pemerintahan.


MMT Batch 2 GroupM
MMT Batch 2 GroupM - The Power of Persuasion


MMT Batch 2 GroupM
MMT Batch 2 GroupM

Sesederhana mengajak orang untuk membuang sampah pada tempatnya, pada awalnya mungkin dari tidak biasa melakukan, kemudian melakukannya karena di-persuasi, hingga terbiasa untuk melakukannya, melekat kepada perilakunya.

It’s the power of persuasion!

Agent FA
MMT Batch 2 GroupM

No comments:

Post a Comment