Tuesday, May 29, 2012

Hilangkan Kejenuhan Beraktivitas

Hi readers! Thank you sudah mampir ke blog MMT Batch 2 GroupM J Agent C melaporkan langsung dari headquarter gedung Tempo Scan Tower yang lokasinya berada di Rasuna Said J Hari masih pagi, mood pun masih penuh semangat. Sebentar lagi hampir tepat dua bulan program media masters ini dilaksanakan. Yang sulit, bukan sekedar pelajaran yang diterima, namun juga konsistensi untuk mempertahankan semangat yang ada.
Pernah kah readers merasakan, sudah berada di titik puncak kejenuhan ? Ataupun berada di titik puncak, “too much information” ? Kali ini Agent C ingin berbagi pengalaman, yang mudah-mudahan juga bisa menjadi aspirasi bagi readers.
Setiap manusia, pasti memiliki saat naik dan turun saat menjalani hidup. Pernah ada seseorang di sebuah program televisi, ia berbicara “Saya sih gak mau turun, bagi saya hidup adalah menaiki anak tangga. Saya tau nya cuman naik saja. Emang mau, kalau hidupnya itu turun ?”
Bagaimana menurut readers mengenai statement itu ? Terus terang, saya merasa itu belum berada dalam tahap aktualisasi. Hidup seperti menaiki anak tangga, selalu naik terus. Itu bisa dijadikan sebagai motivasi. Sehingga ketika seseorang memiliki target atau goal ke depan, pasti inginnya lebih baik dari sekarang. Melalui pengalaman saya di masa lalu, ketika seseorang terlalu ingin mencapai targetnya hingga bisa dikatakan ambisius, ujung-ujungnya pasti malah tidak kesampaian.
Mengapa bisa begitu ? Karena orang seperti itu, biasanya kurang menikmati hidup. Hanya terfokus mengejar target, dan ujungnya bermuara di unbalance of life alias hidup yang tidak seimbang. Otak kita pun butuh istirahat, butuh penyegaran dan tidak melulu sebatas mengejar target. Salah satu value yang tertera di GroupM adalah Life Should Be Fun. Bagi saya, itu adalah pernyataan yang sangat tepat. Akan lebih tepat lagi, jika kita mampu menjalakannya J
Kesehariannya, kalau sudah mencapai titik jenuh dalam pekerjaan ataupun aktivitas yang readers jalani, berikan kesempatan pada otak untuk merefresh. Jangan terpaku dengan kegiatan utama yang itu-itu saja, karena otomatis otak kita pasti akan mengalami kelelahan. Salah satu cara jitunya adalah dengan menyelingi aktivitas dengan humor. J Sepemahaman saya, dengan tertawa maka akan memberikan relaksasi pada otot muka secara maksimal. Ribuan syaraf yang terletak di muka, akan lebih relief dan membuat badan terasa lebih rileks.
Ketika seseorang berada dalam kondisi yang rileks, otak akan bekerja lebih fresh. Sehingga, hasil kerja pasti akan lebih maksimal J Betul kan readers ? Agent C selalu mengalami hal ini, apalagi pas kelelahan setelah beraktivitas di kantor dan terjebak macet di Jakarta. Itu rasanya ingin teriak, tapi teriaknya dialihkan ke hal yang lebih positif. Misalnya, nyanyi-nyanyi dan mendengarkan radio. Pilih program radio yang announcer nya kocak, jadinya sebagai pendengar juga merasa terhibur.
Salah satu hal yang jitu untuk menghilangkan kejenuhan, adalah dengan istirahat yang cukup. Sebelum tidur, biasakan juga untuk sharing dengan teman terdekat. Berbagi mengenai cerita di kantor, akan membuat pikiran terasa lebih tenang. Kalau seperti itu, jadinya tidur terasa tanpa beban. J
Wah tidak terasa hampir pukul 9 pagi, kelas media masters akan segera dimulai. Agent C pamit dulu ya J Nanti pasti Agent C akan sharing cerita lain.

Sincerely,

Agent C- MMT Batch 2 GroupM

1 comment: