Monday, May 28, 2012

Search Engine : Bukan Sekedar 'Mesin Pencari'

Hai cool bloggers!

Sebelum saya mulai artikel ini, ada satu hal yang ingin saya tanyakan kepada Anda: Siapa yang tidak pernah mendengar 'Search Engine'?. Atau mungkin: Siapa yang tidak pernah menggunakan 'Search Engine'?. Dan jika Anda menjawab: 'Ya, saya pernah' untuk kedua pertanyaan tersebut. Maka mungkin pertanyaan selanjutnya adalah: 'Apa Anda mengerti apa yang dimaksud dengan Search Engine itu?'.

Dan berani bertaruh, sebagian besar dari Anda pasti akan menjawab dengan satu kata lugas: 'Google'. Dan ini tidak salah.

Ups, saya sudah mengajukan lebih dari satu pertanyaan ya.

Kalau begitu mari kita mulai.

GroupM Interaction Indonesia
GroupM Interaction Indonesia
Sebelum masuk MMT Batch 2 GroupM, Google bagi saya yaaa...Google. Mungkin sekedar tetangga atau sepupu dari Yahoo! (yang pertama kali saya gunakan saat masih kelas 2 SMP). Tapi begitu mendapatkan trainee oleh para expert searh engine di Group M Interaction Indonesia, baru saya mendapatkan pemahaman baru mengenai search engine (di Indonesia disebut juga mesin pencari).

Search engine atau mesin pencari adalah suatu program yang dirancang untuk mencari suatu dokumen berdasarkan keyword atau kata kunci tertentu yang bersifat spesifik, yang akan menampilkan daftar dokumen yang berhasil ditemukan berdasarkan kata kunci tersebut. Sebetulnya mesin pencari ini tidak harus berada di jaringan luas seperti internet. Bahkan komputer kita sendiri memiliki mesin pencari (Anda pasti menggunakannya untuk mencari file-file tertentu yang Anda lupa letakkan). Tapi memang, kata 'search engine' atau 'mesin pencari' sendiri sudah sangat lekat dengan Google, Yahoo!, atau Bing yang bersifat memungkinkan Anda mencari file secara lebih massive di internet.

GroupM Interaction Indonesia
GroupM Interaction Indonesia
Secara sejarah, mesin pencari ditemukan pertama kali oleh Alan Emtage, Bill Heelan dan J. Peter Deutsch yang membuat 'Archie'. Prinsip kerja Archie saat itu adalah mengunduh daftar direktori dan berkas yang terdapat pada layanan FTP (File Transfer Protocol) publik, dan kemudian memuatnya dalam basis data yang memungkinkan melakukan pencarian. Sejak saat itu, mulai bermunculanlah mesin pencati yang lain seperti Aliweb, WebCrawler, Hotbot, Google, Yahoo!, Bing, dan MSN.

Google yang pertama kali muncul di tahun 2001 merupakan mesin pencari yang berkembang paling pesat. Menjadi peringkat pertama di beberapa negara sebagai mesin pencari, hingga terciptanya istilah 'Googling' yang merujuk pada kegiatan pencarian dokumen di internet. Ini disebabkan karena user interface yang simpel dan mudah digunakan, bahkan oleh pemula. Dalam sistem pencarian Google sendiri terdapat istilah link popularity dan PageRank yang menjadi penyebab kenapa sebuah situs bisa berada di urutan lebih atas dibanding situs-situs lainnya di daftar situ Google, untuk kata kunci tertentu.

Link popularity merujuk pada popularitas sebuah situs atau traffic yang menggambarkan berapa banyak pengunjung dari situs tersebut. Sementara PageRank merupakan sebuah peringkat yang diberikan berdasarkan penilaian Google terhadap situs tersebut. Penilaian itu antara lain didasarkan pada keterkaitan isi situs terhadap kata kunci dan kemudahan situs tersebut untuk ditemukan, yang antara lain melalui link-link rujukan dari situs lain.

Mengapa mesin pencari penting? Hampir 90% pengguna internet menggunakan mesin pencari (sumber:http://www.wikipedia.org). Sebagian besar dari orang-orang ini, tidak pernah melewatkan dua halaman pertama. Lalu bagaimana dengan halaman-halaman setelah halaman kedua? Kemungkinan mereka akan berada di halaman pertama atau kedua untuk kata kunci lain yang lebih sesuai, atau situs tersebut merupakan situs sampah yang hanya berisikan backlink yang tidak terkait.

GroupM Interaction Indonesia
GroupM Interaction Indonesia
Lalu bagaimana agar situs kita berada di halaman pertama mesin pencari? Disinilah SEO (Search Engine Optimization) berperan.

Para ahli mesin pencari dari GroupM Interaction Indonesia adalah orang-orang yang sangat berpengalaman di bidang SEO. Dan saya akan berbagi tentang apa yang saya dapat dan pahami mengenai SEO disini.

Berdasarkan definisi ahli, SEO merupakan serangkaian proses sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan suatu situs melalui mesin pencari dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma dari mesin pencari tersebut. Empat prinsip dasar yang harus dipahami sebelum mempraktikkan SEO, antara lain:

Robot
Setiap mesin pencari memiliki robot yang fungsinya adalah untuk mengidentifikasi sebuah situs atau blog, dan juga berperan sebagai polisi jika ada situs yang terbukti melanggar algoritma mesin pencari tersebut. Robot bukanlah bagian dari SEO, tapi merupakan salah satu alasan diperlukannya SEO : agar situs kita mudah ditemukan oleh robot-robot tersebut.

Ranking
Ranking merupakan penilaian yang diberikan oleh mesin pencari terhadap sebuah situs,dilihat dari konten, relevansi terhadap kata kunci, traffic, dan sebagainya. Semakin baik ranking situs kita, semakin mudah pula ditemukan oleh mesin pencari.

Relevansi
Dalam hubungannya terhadap kata kunci, sebuah situs haruslah memiliki relevansi yang baik. Semakin luas kata kunci yang Anda pilih untuk situs Anda, semakin sulit untuk menentukan relevansi dan mengalahkan saingan yang lebih banyak.

Results
Seperti yang sudah dideskripsikan, SEO merupakan sebuah proses sistematis yang panjang, yang membutuhkan waktu dan kesabaran. Peringkat dan trafik akan terbangun setelah berbulan-bulan proses dimulai. Namun SEO bukan proses sistemik yang mengenal hasil tetap. Setelah berhasil menempati urutan pertama, Anda masih harus memaintain situs Anda sehingga tidak terdorong jatuh oleh situs-situs terbaru. Perlu dilakukan evaluasi dan perbaikan di setiap jangka waktu tertentu.

Tidaklah perlu untuk Anda memahami algoritma-algoritma tersebut, atau bahkan mengerti apa itu algoritma untuk bisa memasarkan situs Anda. Berikut akan saya bagikan beberapa tips yang saya dapatkan dari para ahli di GroupM Interaction Indonesia.

1. Tentukan tema situs Anda
Mengapa ini penting? Karena sangat tidak mungkin situs Anda akan berada di deretan paling atas untuk semua kata kunci. Dan sebelum menentukan kata kunci, tentu saja Anda harus menentukan tema yang nantinya akan berkaitan dengan kata kunci tersebut. Tema juga merujuk pada penetapan judul situs. Gunakan judul yang memang relevan terhadap tema (kecuali Anda ingin membuat news portal).

2. Keyword (kata kunci)
Ini adalah hal yang saling terkait dengan tema. Jika Anda sudah menetapkan tema situs Anda mengenai 'olahraga bola', akan sangat tidak relevan jika Anda memilih kata kunci 'rambut' atau 'produk kecantikan' untuk situs Anda. Dan lagi, apakah ada orang yang akan membaca situs Anda jika memang isinya tidak relevan dengan yang ia mau? Selain relevan, kata kunci juga harus umum dan banyak dicari orang.

3. Isi yang orisinil
Seperti kata semua ahli di GroupM Interaction Indonesia: 'Content is the King'. Istilah ini merujuk pada isi dari situs Anda. Semua ini kembali kepada tema awal situs Anda. Ingat, kecuali Anda ingin membuat news portal, fokuslah kepada satu tema dan kembangkan menjadi tulisan-tulisan yang memang layak dibaca.

GroupM Interaction Indonesia
GroupM Interaction Indonesia
4. Meta Tag
Pemasangan meta tag sangat diperlukan, sebagai background dan deskripsi dari blog Anda sehingga mudah ditemukan oleh skrip mesin pencari.

5. Judul posting harus mewakili isi posting
Anda mungkin tidak menyangka bahwa mesin pencari dapat membaca alfabet dan angka. Hal ini adalah salah satu alasan mengapa judul posting haruslah mewakili isi blog, sehingga mesin pencari dapat mengkonfirmasi relevansi blog tersebut terhadap kata kunci.

6. Template
Mungkin Anda berpendapat bahwa template yang bagus akan menarik lebih banyak pembaca. Pendapat ini salah! Pengunjung hanya akan membuka dokumen yang dirasa paling relevan dengan apa yang dicarinya, dan sama sekali tidak dipengaruhi oleh penggunaan template. Justru semakin sederhana template yang digunakan, semakin mengurangi beban mesin pencari dan mengurangi resiko terjadinya zapping.

7. Pergunakan huruf tebal, miring, atau garis bawah
Hal ini diterapkan terutama pada kata-kata kunci yang dirasa penting. Tapi juga jangan terlalu banyak menempatkan kata kunci pada satu posting, karena akan dianggap sampah oleh Google/

8. Backlink
Usahakan agar blog Anda di link oleh blog atau website, karena akan memudahkan pencarian jika situs Anda terhubung dengan situs lain, terutama yang sudah established terlebih dulu. Link antar posting juga dapat membantu meningkatkan relevansi situs Anda, seperti menambahkan rujukan pada posting yang sebelumnya, dan lain-lain.

Mungkin baru itu yang bisa saya bagi dari hasil training bersama para ahli di GroupM Interaction Indonesia. Semoga artikel ini bisa membantu Anda memasarkan situs Anda.

Cheerio


Agent O
MMT Batch 2 GroupM

3 comments:

  1. Ternyata ada tekniknya juga yaah..thanks!:)

    ReplyDelete
  2. Kalau ga ada yang namanya Google, mungkin pas gw skripsi, gw akan lebih susah cari data. Thanks google!

    ReplyDelete
  3. kita juga punya nih artikel mengenai search engine, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1149/1/50407268.pdf
    trimakasih

    ReplyDelete