Saturday, May 5, 2012

Bagaimana Cara Meningkatkan Kemampuan dan Rasa Percaya Diri ?

Halooo semua pembaca setia blog MMT Batch 2 GroupM. Ketemu lagi dengan reportase langsung dari Agent C. Agent C ga akan banyak basa-basi, soalnya mau pergi sebentar lagi, hehe. Maklum, ini kan weekend dan saya mau pergi sama keluarga.
Selagi menunggu para anggota keluarga bersiap-siap, agent C mau sharing mengenai cara meningkatkan kemampuan serta rasa percaya diri. Sebenarnya, ini semua berdasarkan pengalaman dan resepnya saya ramu sendiri dengan hal yang sederhana. Artikel ini ditujukan untuk semua anak yang masih menempuh studi di bangku sekolah, maupun kuliah. Tidak sebatas itu saja, buat yang first jobber dan diberi tugas-tugas oleh atasannya.
Resepnya adalah 4K. Apa sih 4K ?

1. Kemauan
Materi ini, materi itu, dari A sampai Z semuanya susah. Perlu analisa ini, analisa itu, dan butuh nalar untuk mengerjakannya. Apalagi kalau apes, rekan di sekolah maupun kantor semuanya sibuk sendiri. Ataupun lebih apes, mereka tidak sibuk namun terlalu malas untuk membagi ilmunya. Jangan khawatir kawan-kawan :-) Setiap manusia dilengkapi dengan kemampuan autodidak. Apa itu autodidak ? Menurut wikipedia, autodidak berasal dari istilah Yunani yang intinya bahwa seseorang bisa menguasai materi tertentu dengan belajar sendiri. (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Otodidak). Selama kemauan itu masih ada, percaya lah pada omongan jaman dahulu bahwa dimana ada kemauan, di situ pasti ada jalan.

2. Kegigihan
Kalau sudah punya kemauan, selanjutnya yang lebih susah adalah untuk mempertahankan rasa kemauan tersebut. Banyak kan, orang yang mau begini, mau begitu. Tapi pada faktanya, mereka tidak konsisten pada rasa kemauan tersebut. Di tengah jalan, kalau ada hambatan, langsung goyah dan menyerah pada keadaan. Resep ke-dua adalah KEGIGIHAN. Kegigihan dilengkapi dengan kemauan yang kuat, pasti akan mendatangkan hasil yang maksimal. Percaya pada diri sendiri, bahwa manusia terlahir untuk menemukan solusi terbaik dan mampu bertahan dalam situasi sesulit apapun :-) Agent C sudah mempraktek kan rumusan ini ;-)

3. Kemampuan
Resep ke tiga adalah kemampuan. Ya. Dengan kemauan, ditambah dengan sebongkah kegigihan, pasti akan melahirkan kemampuan. Kalau sudah memiliki kemampuan tersebut, teruslah mengasah kemampuan. Terlalu cepat puas, adalah anak tangga menuju kepunahan akan talenta baru di masa mendatang. Jangan lupa, ketika orang lain bertanya, berbesar hatilah untuk membagi ilmu yang ada. Sharing merupakan hal yang menyenangkan, penuh dengan aura positif, dan kita sendiri bisa memperkaya diri dengan memberi pada sesama :-)

4. Kesempatan
Semuanya pasti pernah merasa bahwa sudah usaha pol. Sudah menguasai materi, sudah percaya diri, sudah berusaha mati-matian tapi kok belum memperoleh hasil yang diinginkan ? Resepnya satu. Kesempatan. Pintar-pintar melihat peluang, dan ketika kesempatan tersebut sudah tiba, berikan 100% effort, 100% willingness. Bila hasilnya masih kurang memuaskan, tanya pada diri sendiri, apakah saya sudah berusaha semaksimal mungking ? Apakah jalan yang saya tempuh menuju hal itu, melalui jalan positif ? :-) Santai, dan jangan menjadi orang yang ambisius sehingga melupakan bahwa di dunia tidak ada hal yang abadi.

Selesai deh, itu resep 4K dari agent C. Selama ini, resep itu membuat saya tetap survive.
Untuk saat ini, segini dulu yaa. Nanti agent C akan posting lagi, untuk melengkapi artikel ini. Mari kita semua, sharing informasi di blog media masters maestro.

Semoga membantu kalian ya lovely readers!

Sincerely,

Agent C
MMT Batch 2 GroupM

3 comments:

  1. Kewl! "If you think Big, you are going to Big. If you think small, you are going to small!"
    Plus banyak berdoa tuu sama Tuhan. Terus tambahan kalo kata bokap gw ,"Always work with your head, hand, and heart" Kalo kita kerja keras, kerja cerdas, kerja tangkas, dan kerja ikhlas, insyaAllah PeDe!

    ReplyDelete
  2. Betul sekali saudara Arief Fazry. Semoga kita berhasil jadi orang2 besar itu yaa :)

    ReplyDelete
  3. ini artikelnya kerennnnn, boleh dicopy yaaaa dan dishare di milis link nya :D

    ReplyDelete